Monday, September 3, 2007

abah iwan ulang tahun

Hari ini abah iwan ulang tahun. Aku sendiri baru berjumpa dan ngobrol sama
abah sekali dua kali, beberapa kali aku nonton abah nyanyi dan membawakan
refleksi-refleksinya yang luar biasa mendalam. Figur abah memang luar biasa
dan itu tercermin dari acara hari ini di Selasar Soenaryo. Teman-temannya
yang dari berbagai kalangan (pencinta alam, seniman, budayawan, pendidikan,
militer, pejabat pemerintahan) berkumpul merayakan ulang tahunnya sebagai
'hadiah' buat dedikasinya selama ini, sampai hari ini beliau berumur 60
tahun.

Luar biasa! Selasar Soenaryo dipadati tamu yang hadir untuk 60 tahun abah
iwan. saya dan istri beruntung bisa hadir di sana, merasakan suasananya,
menghayati bagaimana karya hidup beliau mewarnai begitu banyak orang. Hadir
di sana bpk gubernur Danny Setiawan, dan bpk. Mentri Pemuda dan Olahraga,
Bpk. Adhiyasa Daud, dan banyak lagi lainnya. Di amphiteater, teman-teman dari Rumah Nusantara berhasil mengundang 29 penampil yang bergantian hadir membawakan karya-karya
abah Iwan... penonton disuguhi berbagai rupa interpretasi musik sampai acara
tuntas jam 2 pagi. Entah kapan lagi kita bisa nonton pertunjukan seperti
ini.

Buatku ini di luar logika (beyond logic). Buatku ini adalah sebuah
keajaiban. Begitu banyak yang tersaji di hadapan penonton. Persahabatan,
cinta, kerendahan hati, kepekaan nurani, kecintaan terhadap alam, kecintaan
terhadap bangsa, ekspresi dan penjiwaan estetika yang luar biasa. Berulang
kali terasakan nuraniku tersentuh, air mata menetes, terharu saat satu demi
satu para seniman membawakan karya-karya abah iwan dengan penjiwaan yang
luar biasa. Seperti yang diungkapkan oleh Bpk Adhiyasa, banyak orang-orang
yang besar karena gelar atau jabatan, tapi abah Iwan adalah orang yang besar
karena hakekat. Orang-orang hadir karena memang menghormati dan mengapresiasi abah Iwan, bukan sekedar basa-basi belaka. Aku bisa membayangkan kenapa, karena
manusia-manusia yang berkarya sepenuh hati, sepenuh jiwa,
keajaiban-keajaiban memang akan menyertainya.

Buatku peristiwa ini tidak akan aku lupakan, bermakna, mendalam... semoga
energi yang terbawa dari momen ini bisa terus menginspirasi aku untuk apa
yang harus aku lakukan ke depan...

No comments: