Sunday, April 6, 2008

what's happening lately?

Wah, lama aku ga ngeblog... Bukannya 'nothing's going on', sebaliknya banyak banget yang terjadi sampe sulit buat aku menuliskannya... Jadi aku tulis pendek-pendek di sini supaya ga kelewat...
Mudah-mudahan aku segera punya waktu untuk mencatatkannya di sini.
  • Mulai dari hari ini, aku ngumpul-ngumpul di Jakarta sama teman seangkatan (ars86) yang sedang sibuk dengan yayasan kami yang baru dan segala proyek dan gagasannya. Senang sekali merasa bisa ngumpul bareng dengan teman-teman jaman kuliah dulu. Dan setelah sekian lama, kegilaan yang sama masih muncul, bahkan lebih parah! haha... Tapi sekarang ini energinya sudah lebih positif munculnya, dan sangat menyenangkan untuk bisa melakukan sesuatu untuk lingkaran di luar diri kita. Apa yang sedang kita garap, details ada di www.ars86care.org
  • Kuliah filsafat. Ini juga menyenangkan karena aku duduk lagi di bangku kuliah setelah sekian lama. Filsafat? Hmmm, yang ini agak panjang ceritanya, nanti aku tulis terpisah.
  • What did I miss? Karena bentrok dengan jadwal kuliah, aku ga sempat hadir ke acara perbincangan budaya di Grand Hotel Preanger. Pembicaranya Sri Sultan Hamengkubuwono dan Kang Ajip Rosidi, tentang rekonsiliasi sejarah Jawa dan Sunda... Tapi teman-teman ku sempat datang dan mudah-mudahan aku dapat cerita tentang ini.
  • Awal bulan aku datang ke peringatan ulang tahun ke 3 Yayasan Harry Roesli. Menarik, menginspirasi sekali, minimal buat aku. Membuat aku yakin bahwa siapapun kita, bagaimanapun situasi kita, perhatian dan cinta kasih akan membuat kita hidup. Merefleksi apa yang terjadi belakangan ini di sekolah dengan anak-anak Semi Palar, gimana ya? Rasanya begitu mudah buat kita untuk mengabaikan sesuatu - taking things for granted...
  • Di rumah ada peristiwa lucu-lucu tentang anak-anak. Bagaimana atas inisiatif sendiri anak-anak bisa membuat tantangan untuk mereka sendiri untuk mendapatkan sesuatu, dan menawarkannya kepadaku... Lucu, sekaligus bikin aku juga senang sekaligus bangga akan mereka.
  • Lalu aku pergi nonton sama mereka Horton Hears the Who! Filem luar biasa. Very smart movie. Filem selucu itu bawa pesan filosofis yang mendalam buat aku? Hebat! Sambil perut sakit karena terlalu banyak tertawa, filem itu bawa perenungan banyak buat aku.
  • Minggu kemarin aku ajak anak-anak untuk nonton Downhill Race di Cikole. Sekedar untuk mengenalkan mereka ke hal-hal yang bisa jadi opsi buat mereka. Kebetulan kak Kiki, salah satu calon guru di Semi Palar ikut balapan. Buat aku, senang sekali berada di salah satu event persepedahan yang cukup besar...
  • Jum'at kemarin kita evaluasi mid semester di Semi Palar. Satu lagi juga yang jadi bagian dari refleksi aku sekarang-sekarang ini. Termasuk juga salah satu teman yang membuat satu dari dua pilihan sulit, dan memutuskan pilihan yang termasuk 'beyond logic'...
    Quoting Robert Frost :
    Two roads diverged in a wood, and I-
    I took the one less traveled by,
    And that has made all the difference.
  • Besok masuk minggu ke dua seorang temanku yang lain berpetualang ke Jepang. Postur tubuhnya kecil, tapi jiwa, keberanian dan keyakinan dirinya besar. Semoga dia menemukan apa yang dicarinya di sana dan pengalaman-pengalamannya memperkaya dia.
  • Apa lagi ya? Udah dulu ah...
Yang aku yakini bahwa setiap peristiwa membawa makna. Mudah-mudahan aku mampu memaknai dan menghayatinya...

No comments: