Sunday, July 1, 2007

Lapisan Polusi di atas Bandung

Foto ini diambil hari ini 1 Juli 2007, sekitar jam 9.00 pagi dari sekitar desa Wangunsari, selatan Lembang saat saya dan teman sesepedahan.

Pemandangan ini selalu kita lihat saat bersepeda ke arah Lembang. Kebetulan pagi ini udara luar biasa cerah, langitnya biru luar biasa indah. Sambil berhenti cari nafas, saya ambil gambar ini dari kamera handphone. Jadi hasilnya kurang optimal. Tapi dari gambar inipun terlihat jelas lapisan udara kotor (berwarna coklat-abu) di antara kaki cakrawala (barisan pohon) dan profil pegunungan di atasnya. Lapisan polusi itulah yang menutupi kota Bandung sekarang sehari-hari. Dan kita semua bernafas di dalam udara kotor itu. Apalagi kota Bandung seperti kita tahu terletak di dalam sebuah cekungan. Dataran yang dikelilingi pegunungan, sehingga udara kotor yang terkumpul lebih sulit mengalir dan dinetralisir di area yang lebih luas.

Teman saya Budiono yang sering offroading jaman kuliah dulu, lapisan itu tidak terlihat. Solusinya apa? tanam pohon, kurangi bepergian naik kendaraan, kurangi sampah juga, banyak hal bisa kita lakukan... Yang jelas, lapisan polusi ini tidak sehat buat kita.

Buat saya pribadi, sejak bersepeda, saya punya kesempatan untuk membersihkan paru-paru waktu memboseh sepeda ke daerah yang masih bersih udaranya. Banyak pohon, tidak banyak kendaraan. So... let's go cycling... (hehe mani keukeuh nya?)

No comments: