Friday, September 26, 2008

Bike 2 Workers ngumpul di Cikapayang


Kumpul-kumpul Jum'at Sore Komunitas B2W.
Jum'at sore hari ini dari Semi Palar saya mampir sebentar ke kediaman kang Aat. Kami ngobrol-ngobrol sebentar tentang Babakan Siliwangi dan lain sebagainya, lalu meluncurlah saya melintasi Pasupati dan turun di Taman Sari. Di depan saya ada seorang mbak memboseh sepeda lipat dengan tag Bike2Work di bawah sadelnya. Ternyata tujuan kami sama. Ke Taman Cikapayang, bekas SPBU Dago.

Di sana sudah ada beberapa teman yang sudah saya kenal, kang Tiyo, gegedugnya B2W, lalu Rizki (Greeners) dan beberapa lainnya. Ada mungkin sekitar 6-7 sepeda dan beberapa skate-boarders dan pesepeda free-style yang hebat-hebat atraksinya. Ga lama teman-teman pesepeda bermunculan. Wah menyenangkan sekali.
Kamipun berkenalan dan ngobrol seputar pengalaman kita dalam perbosehan. Sore kemarin saya berkenalan dengan 4 orang pendatang baru, teman-teman yang sama-sama baru pertama kali dateng dan kumpul di Cikapayang, hanya karena satu kesamaan, kita sama-sama menunggang sepeda.

Buat saya teman-teman ini adalah pejuang lingkungan hidup. Mereka-mereka yang tidak berkontribusi membuang karbon ke atmosfir planet ini. Ada yang bahkan bersepeda setiap hari ke tempat kerja. Salah satunya Stefan teman baru yang masih duduk di bangku SMP. Dia bersepeda setiap hari ke sekolah. Luar biasa.

Mengingat apa yang pernah saya baca / lihat di kota-kota besar di dunia. Amsterdam, Melbourne, Copenhagen, dan banyak lagi. Kota-kota ini sangat ramah pesepeda. Tentunya kualitas hidupnya luar biasa karena kepadatan kendaraan bermotor tentunya sangat dibatasi.

Ini jadi mimpi saya, suatu hari Bandung jadi kota nyaman buat bersepeda dan pejalan kaki. Apa bisa?
Kenapa tidak?

No comments: